Winamp, iTunes Windows Media Player Real Player QuickTime Web Proxy

Kamis, 31 Mei 2018 Nasional

Sebarkan: Email Facebook Twitter Google LinkedIn

PT Kaltim Prima Coal (KPC) kembali meraih trophy Aditama Lingkungan, dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), tahun 2017/2018. Pada kesempatan ini, KPC berhasil mempertahankan predikat terbaik dalam bidang pengelolaan lingkungan pertambangan, sehingga dianugerahi penghargaan berupa trophy Aditama, yang merupakan simbol penghargaan tertinggi.

 Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan dan diterima oleh Chief Operating Officer (COO) KPC Muhammad Rudy, Selasa (8/5) lalu, di gedung Balai Kartini, Jakarta.

 KPC meraih trophy Aditama pengelolaan lingkungan untuk kategori perusahaan pemegang izin Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B). Tahun lalu, KPC juga berhasil meraih trophy yang sama, sehingga apa yang diraih kali ini, merupakan upaya KPC mempertahankan kinerja lingkungannya.

COO KPC Muhammad Rudy usai menerima penghargaan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian ESDM, yang telah memberikan penghargaan lingkungan tertinggi bagi KPC. “Kami ucapkan terima kasih kepada Menteri ESDM, yang telah memberikan penghargaan trophy Aditama kepada KPC,” kata Rudy.

Bapak Rudy yang juga sebagai Kepala Teknik Tambang (KTT) KPC menambahkan, apa yang diraih KPC merupakan bentuk pengakuan pemerintah dan stakeholders lingkungan lainnya, terhadap kinerja lingkungan KPC. “Trophy Aditama ini adalah bentuk pengakuan pemerintah dan stakeholders lingkungan, bahwa pengelolaan lingkungan KPC berada pada jalur yang benar. Karena itu harus terus dipertahankan dan ditingkatkan,” tambah COO M Rudy.

Apa yang disampaikan COO bukan tanpa alasan. Pasalnya, untuk meraih trophy Aditama lingkungan, perusahaan harus melalui proses seleksi yang sangat ketat. Tahapan tersebut berupa administrasi lingkungan, pengelolaan batuan penutup, pengendalian erosi dan sedimentasi, pembibitan, reklamasi dan revegetasi, sarana penunjang dan pemantauan.

 Tahap penilaian terdiri dari tiga bagian, yakni tahap penilaian awal berupa seleksi administrasi, tahap verifikasi lapangan dan tahap penilaian akhir. Sedangkan tim penilai  terdiri dari para Inspektur Tambang dan tenaga ahli dari berbagai Perguruan Tinggi dan praktisi di bidangnya masing-masing.


Para penilai tersebut antara lain dari Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja-Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Pusat Studi Ilmu Lingkungan UI, FakultasTeknik Pertambangan dan Perminyakan ITB serta Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB. Berikutnya adalah dari Fakultas Kehutanan IPB, Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan IPB, South East Asian Centre for Tropical Biology (SEAMEO BIOTROP) dan dari Pusat Studi Reklamasi Tambang IPB.(*)



Artikel ini ditulis oleh Silvester Pantur dan sudah terbit sebelumnya dalam  Majalah Kabara Edisi Mei 2018

Sebarkan: Email Facebook Twitter Google LinkedIn

Siaran Hari Ini

Pukul Tema Program
06.00 - 07.00Jamz Weker
07.00 - 09.00986 Pagi
09.00 - 11.00Prima Dangdut Pagi
14.00 - 16.00Prima Music Online
16.00 - 17.00 Hallo Dokter
17.00 - 18.00Music After Five
18.00 - 19.00Easy Listening
19.00 - 21.00Music By Request
19.00 - 21.00All About Love
21.00 - 23.00Rhythm Of The Night
23-00 - 06.00Mining Program

Tangga Lagu

1Mahameru
Artis: Dewa 19
Prod: Aquarius Musikindo
2Masih Ada
Artis: KOTAK
Prod: Warner Music Indonesia
3Batas Cahaya
Artis: Superman Is Dead
Prod: Sony Music Entertainment Indonesia
4Bangun Cinta
Artis: 3 Composers
Prod: AFE Records
5Puisi Cinta
Artis: Yuka Tamada
Prod: alfarecords
6Pekat
Artis: Yura Yunita & Reza Rahardian
Prod: AYURA
7Haruskah Ku Mati
Artis: Olla Rosa
Prod: HITS Records
8Sahabat Sejati
Artis: Soulvibe
Prod: Sony Music Entertainment Indonesia
9Luka Yang Kecil
Artis: Gloria Jessica
Prod: Universal Music Group
10Takdir Itu Kamu
Artis: Trio Lestari
Prod:






Hubungi Kami


Alamat

Jl. Jendral Sudirman No. 1 Camp Wisma Prima Swarga Bara, Sangatta Kutai Timur Kode Post: 75612


Kontak